Tupoksi

MASING-MASING BAGIAN/BIDANG/KELOMPOK MEMPUNYAI TUGAS SEBAGAI BERIKUT :

A.

Sekretaris Dinas mempunyai tugas :

 

1.

Merumuskan sasaran kegiatan Sekretariat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

2.

Melakukan koordinasi kegiatan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

3.

Menyelenggarakan urusan umum dan kepegawaian, program evaluasi dan pelaporan serta keuangan dan aset; dan

 

4.

Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

 

 

 

B.

Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangan dan Aset mempunyai tugas:

 

1.

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

 

2.

Melaksanakan urusan ketatausahaan dan rumah tangga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

3.

Melakukan perencanaan administrasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

4.

Melakukan penyusunan data pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

5.

Menyusun petunjuk teknis pengelolaan keuangan dan aset Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

6.

Menyusun RKA rutin dan kegiatan bersama bidang teknis di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu; dan

 

7.

Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

 

 

C.

Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas:

 

1.

Merencanakan, menyusun kegiatan Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;

 

2.

Menyusun RENSTRA dan RENJA bersama bidang teknis di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

3.

Melakukan evaluasi kegiatan Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;

 

4.

Menyusun LAKIP bersama bidang teknis di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

5.

Melakukan evaluasi kinerja bersama bidang teknis di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

 

6.

Menyusus laporan bulanan, semesteran dan tahunan di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu; dan

 

7.

Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

 

 

D.

Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Promosi dan Pengendalian mempunyai tugas :

 

1.

Pengkajian, penyusunan dan pengusulan perencanaan penanaman modal lingkup daerah dan pengembangan kebijakan deregulasi dan pemberdayaan usaha;

 

2.

Penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan promosi dan penanaman modal; dan

 

3.

Pelaksanaan pemantauan, pembinaan dan pengawasan realisasi penanaman modal.

 

 

 

E.

Seksi Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal mempunyai mempunyai tugas :

 

1.

Melakukan perencanaan penanaman modal daerah; dan

 

2.

Melakukan pengembangan kebijakan deregulasi dan pemberdayaan usaha.

 

 

 

F.

Seksi Promosi Penanaman Modal mempunyai tugas :

 

1.

Melakukan perencanaan promosi berdasarkan sektor usaha dan wilayah; dan

 

2.

Melakukan promosi penanaman modal berdasarkan sektor usaha wilayah.

 

 

 

G.

Seksi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal mempunyai tugas:

 

1.

Melakukan pemantauan realisasi penanaman modal berdasarkan sektor usaha dan wilayah dan pengawasan kepatuhan perusahaan penanaman modal sesuai ketentuan kegiatan usaha dan peraturan perundang-undangan;

 

2.

Melakukan pembinaan dan fasilitasi penyelesaian permasalahan penanaman modal.

 

 

 

H.

Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinnan dan Non Perizinan mempunyai tugas : Melaksanakan, merencanakan, mengolah, memeriksa, memverifikasi, mengidentifikasi, mengkoordinasikan, memvalidasi, mengevaluasi, memimpin, pelaporan, mengadministrasikan pelayanan, menerbitkan perizinan dan non perizinan.

 

 

 

I.

Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan I mempunyai tugas :

 

1.

Melaksanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Merencanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Mengolah penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Memeriksa dokumen/berkas permohonan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Memverifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

6.

Mengidentifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

7.

Mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

8.

Memvalidasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

9.

Membuat konsep penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

10.

Menyusun dan mengevaluasi laporan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

11.

Mengadministrasi pelayanan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan; dan

 

12.

Menerbitkan dokumen layanan perizinan dan non perizinan.

 

 

 

J.

Seksi pelayanan perizinan dan non perizinan II mempunyai tugas :

 

1.

Melaksanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Merencanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Mengolah penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Memeriksa dokumen/berkas permohonan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Memverifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

6.

Mengidentifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

7.

Mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

8.

Memvalidasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

9.

Membuat konsep penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

10.

Menyusun dan mengevaluasi laporan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

11.

Mengadministrasi pelayanan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan; dan

 

12.

Menerbitkan dokumen layanan perizinan dan non perizinan.

 

 

 

K.

Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan III mempunyai tugas :

 

1.

Melaksanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Merencanakan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Mengolah penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Memeriksa dokumen/berkas permohonan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Memverifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

6.

Mengidentifikasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

7.

Mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

8.

Memvalidasi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

9.

Membuat konsep penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

10.

Menyusun dan mengevaluasi laporan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

11.

Mengadministrasi pelayanan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan; dan

 

12.

Menerbitkan dokumen layanan perizinan dan non perizinan.

 

 

 

L.

Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan tugas:

 

1.

Melaksanakan, memfasilitasi, merencanakan, mengumpul, merumuskan, mengidentifikasi, memverifikasi, mempimpin, mengkoordinasikan, mengevaluasi, memonitoring, merancang, menyusun, menindaklanjuti, mendokumentasikan, penanganan pengaduan dan informasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Melaksanakan, merencanakan, mengumpulkan, merumuskan, memverifikasi, menganalisis, memfasilitasi, merancang, mengidentifikasi, mengkoordinasikan, mengsinkronisasikan, mengevaluasi, memonitoring penyusunan kebijakan, harmonisasi dan pemberian advokasi layanan serta sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan perizinan dan non perizinan; dan

 

3.

Melaksanakan, memfasilitasi, merencanakan, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis, mengkoordinasikan, mengolah, memimpin, memonitoring, mengevaluasi, pengukuran terhadap mutu layanan, merumuskan standar layanan (SOP, SP, SPM, MP) mengolah, mengoperasikan, menginput, mengarsipkan data, mendokumentasikan, memetakan layanan, pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur jaringan layanan dan dukungan administrasi serta peningkatan layanan, menciptakan (inovasi) pola layanan menyusun data dan pelaporan pelayanan perizinan dan non perizinan terjangkau, murah, transparan serta terciptanya produk layanan yang efisien dan efektif.

M.

Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan mempunyai tugas:

 

1.

Melaksanakan administrasi pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Menyiapkan dan mengumpulkan data pengaduan, infomasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Merencanakan penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Mengidentifikasi teknis penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan secara teknis dan operasional penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Mendokumentasikan dan mengarsipkan penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

6.

Memberikan dan memfasilitasi layanan pengaduan, infomasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan perizinan dan non perizinan;

 

7.

Menganalisis data permasalahan penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan.

 

8.

Merumuskan permasalahan penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam rangka penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

9.

Memonitoring dan mengevaluasi data penanganan pengaduan, informasi¸ dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

10.

Mengkoordinasikan penanganan pengaduan, informasi, dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizina;

 

11.

Membuat konsep penanganan pengaduan dan tindaklanjut pengaduan, informasi dan konsultasi layanan dalam penyelenggaraan perizinan dan non perizinan;

 

12.

Menyusun laporan penanganan pengaduan, informasi dan konsultasi layanan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan.

 

 

 

N.

Seksi Kebijakan dan Penyuluhan Layanan mempunyai tugas :

 

1.

Menyiapkan bahan-bahan kebijakan peraturan dan advokasi terkait dengan pelayanan perizinan dan non perizinan serta bahan penyuluhan kepada masyarakat;

 

2.

Merencanakan kebijakan dan harmonisasi serta advokasi layanan terkait dengan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Mengumpulkan bahan kebijakan (peraturan perundang-undangan) terkait harmonisasi regulasi daerah dan advokasi penyelesaian sengketa pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Menganalisis bahan-bahan kebijakan (peraturan perundang-undangan) terkait harmonisasi regulasi daerah dan advokasi penyelesaian sengketa pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Mengkaji dan mengolah (simplifikasi, sinkronisasi) bahan-bahan kebijakan dan harmonisasi, serta memfasilitasi pendampingan dan/atau pelaksanaan advokasi (termasuk untuk memenuhi ajudikasi dan mediasi) dalam penyelesaian sengketa pelayanan perizinan dan non perizinan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

 

6.

Mengkoordinasikan kebijakan dan harmonisasi regulasi daerah terkait pelayanan perizinan dan non perizinan, serta advokasi dalam penyelesaian sengketa pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

7.

Pemberian sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat dalm penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

8.

Menerima dan menganalisis permohonan pemnerian insentif dan pemberian kemudahan berusaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan serta membuat telahaan staf dan/atau surat sebagai bahan pertimbangan pimpinan dan/atau instansi terkait dalam pengambilan kebijakan dan tindakan pemberian insentif dan pemberian kemudahan berusaha;

 

9.

Mengevaluasi bahan-bahan kebijakan dan harmonisasi regulasi daerah terkait pelayanan perizinan dan non perizinan, serta advokasi dalam penyelesaian sengketa pelayanan perizinan dan non perizinan serta model atau tata cara penyuluhan terhadap masyarakat;

 

10.

Membuat konsep rancangan kebijakan dan harmonisasi peraturan serta advokasi layanan terkait dengan perizinan dan non perizinan; dan

 

11.

Menyusun laporan kebijakan dan harmonisasi peraturan serta advokasi layanan terkait dengan perizinan dan non perizinan dalam mengeluarkan peraturan lingkup daerah.

 

 

 

O.

Seksi Pelaporan dan Peningkatan Layanan mempunyai tugas :

 

1.

Menyiapkan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

2.

Merencanakan penyusunan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

3.

Mengindentifikasi dan mengklasifikasikan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

4.

Mempelajari dan memetahkan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

5.

Mengkaji dan mengevaluasi data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

6.

Menganalisis dan mengukur data dan bahan layanan pelaporan terhadap pengendalian, mutu layanan, standar layanan serta pembangunan sarana dan prasarana layanan, menciptakan inovasi pengembangan pola perizinan dan non perizinan yang cepat, mudah, murah, terjangkau, transparan serta terciptanya pelayanan perizinan dan non perizinan yang efisien dan efektif;

 

7.

Merumuskan dan memetahkan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, data perizinan dan non perizinan, bahan data dan pelaporan pelayanan perizinan;

 

8.

Mengkoordinasikan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan;

 

9.

Membangun menyediakan mengembangkan sarana dan prasarana infrastruktur jaringan sistem teknologi informasi dan dukungan administrasi serta peningkatan layanan perizinan dan non perizinan;

 

10.

Membuat konsep data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dan standar layanan; dan

 

11.

Menyusun laporan data dan bahan pelaporan yang meliputi : pengembangan, pengendalian, mutu layanan, standar layanan (SOP, SP, SPM dan MP), dan inovasi dalan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan pada sistem teknologi informasi (secara elektronik).